Tuesday 26 May 2015

Gak keren kalau gak "barat" (katanya...)

           
gue udah lama banget gak ngomong ngawur alias nulis catatan goblog. sesekali sejenak lah istirahat dari aktifitas kerja dan jepret-jepretan. langsung aja, beberapa hari lalu sebenernya gue sempat merasa gelisah dengan suatu momen dimana gue jadi canggung dan merasa hina.(lebay..)
akibat kebanyakan sok Barat
jadi gini ceritanya, waktu itu gue lagi ngumpul-ngumpul ma temen di Warkop depan kampus. okelah kita nongkrong sambil ngobrol dan lain sebagainya.
terjadilah request dari gue buat pengen ngasih backsong nongkrong kita dengan sebuah lagu. :

           "kasih musiklah sedikit biar seru..sini pinjem hp lo" Gue.
"ni.."Temen 1.
           "lhah inggris semua gak ada yang lokal pribumi gitu??"Gue.
"Gak adalah, gak level. pinjem rika tuh.."Temen 1.
           "Rik, pinjem hp dong buat musik."Gue
"ni, tapi gak ada indonesianya."Temen 2.
            "mana ngarti kalo inggris,"Gue.
"ahh..cupu lo, gak Gaul" Temen 2.
            "san, hape lo dong"Gue.
"yaelah apalagi gue, gak banget kalo lokal musiknya, alay."Temen 3.
"emang kalian ngerti liriknya.?" Gue
"Kagak" Temen 1.
"ngertilah" Temen 2.
"ngapain perlu ngerti segala, yang penting enak di denger n gaul" Teman 3.

           yang gue heran, emang definisi Gaul itu apa, kok kalau dengerin lagu lokal dibilang kampungan. kenapa semacam ada keharusan untuk jadi orang bule buat jadi gaul. #yaelaah. dalam hati gue cuma mikir kita ngata-ngatain negara sebelah yang suka ambil budaya kita sementara kita terpesona dengan budaya luar dan mengagungkannya. (halah.. ni pembahasan basi..).
kembali lagi deh ke soal lagu yang barat semua,
           kalian mau mengakui apa gak terserah, kadang kalian memaknai lagu barat cuma dari judul, judulnya ngena y udah di terapin deh ke backsong sehari-hari. padahal belum tentu judul m lagu itu maknanya sama. sebagai contoh lagu BRUNO MARS - Marry U, banyak orang salah mengartikan itu romantis, tapi sebenernya itu adalah cerminan perilaku bebas dan hedon yang maunya enak saja. adalagi selama ini banyak juga yang salah mengartikan NO WOMAN NO CRY dengan gak punya cewek gak nangis atau gak sedih, padahal maksudnya Jangan ada lagi wanita yang menangis.

disini....

gue cuma mau bilang, gak perlulah ikut-ikutan sok barat hanya demi dibilang gaul, gaul gak diukur lo hapal chart billboard terbaru, simpen playlist lagu barat, tapi gaul lah yang sesuai diri lo. jangan malu menjadi diri sendiri.

Indonesia punya banyak budaya yang indah untuk di kagumi, jangan sampai kita baru sadar saat negara lain mengklaimnya.
credit photo : http://ayfnhq.org/wp-content/uploads/2013/07/4.jpg

2 comments:

  1. Nyang penting british mas Agung... Wkwkkwk...
    Salam Ngeblur,

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahahaha... siiippp penting british,, cocok apa kagak urusan belakangan.. hahahah thanks dh mampir..
      salam ngeblur mas blur.... hahaha

      Delete