Sunday 25 January 2015

ADAPTASI atau PRINSIP?

Malam minggu broo. .  Malam horor bagi para jomblo. Malam minggu yang tepat jatuh ditanggal 24 januari 2015. Tapi postingan kali ini bukan mengenAi malam minggu, tapi gue mau sharing cerita sedikit.
Minggu-minggu ini gue dihadapkan oleh segala macam pengalaman, terutama di tempat kerja. Ada kawan gue malam ini resign, its okay mungkin sepele terlihatnya, namun setelah gue ngobrol dengan dia, gue menemukan suatu keanehan yang itu benar-benar  terjadi di jaman sekarang.
Jujur gue akuin dia idealis dan berprinsip, namun ada hal yang berbenturan disaat kita menerapkan prinsip di suatu tempat. Jujur gue bingung dengan kata ADAPTASI dan PRINSIP. Its okay jelas itu berbeda, namun pernah gak kalian dihadapkan disuatu tempat ataupun lingkungan yang kedua kata itu tidak bisa disatukan.(?). Okay jujur gue bekerja sebagai seorang pustakawan, yang dimana itu jauh sekali dari cita-cita dan latbek pendidikan gue.
Awalnya gak nyaman? Itu pasti!!!. Saat awal bekerja itu rasanya ibarat lo salah kostum waktu pesta, lo pakai tuksedo di acara sunatan massal, rasanya gak banget pokoknya.
Sedikit cerita riwayat gue, gue lahir di keluarga militer, otomatis gue dari kecil pengen jadi tentara,lalu gue lulusan SMK jurusan otomotif, kemudian gue kuliah dijurusan komputer, karena gagal tentara gue kerja di perpustakaan. Gak nyambung kan? Iyaa pastinyaa!.
Ooops sori gue cut dulu, soal temen gue yang resign tadi cuma intermezzo, OK? ok!.
Bekerja di tempat yang sama sekali gue gak ada bayangan, ya gitulah pokoknya rasanya.
waktu berjalan gue mulai "bersahabat" dengan profesi gue sekarang. karena bagi gue semuanya harus tetap berjalan, tanpa mengurangi prinsip yang gue pegang.
mencoba "mengkloningkan" segala labek gue dengan profesi gue, ya awalnya gak mudah dan belum menemukan "formula" yang tepat.
tapi sebentar yaa, gue jadi inget temen gue yang tadi itu. walau cuma intermezzo tapi gue sekarang coba "kloningkan" pengalaman dia dengan post gue ini. (hehe..).
temen gue punya prinsip yang keras dan harga mati kalo soal itu, namun saat dia dihadapkan keadaan lingkungan sekarang yang sudah berubah, apa kita harus berpegang "mati" dengan apa yang kita pegang?. (ntah. ).
contoh kecil adalah saat sekarang kita dihadapkan pada "korupsi kecil" yang dianggap lumrah oleh sebagian orang, apa kita harus menolaknya? kalo secara pribadi gue PASTI IYAA!!. namun pertanyaan selanjutnya, apa kita diam saja melihat itu?. bagi gue pribadi sekarang, jika kita belum mampu merubah sesuatu, lebih baik netral. terkesan pengecut memang, namun banyak hal yang dipertimbangkan selain hanya menjadi "bersih". soori.. ini bukan berarti gue berlaku kotor lhoo yaa. ini hanya pandangan gue dari kacamata yang gue pakai.

oke sekarang gue punya pic dibawah ini, tolong disimak :

"sukses kemarin tak berarti sukses hari ini,
 butuh perjuangan dan kesadaran, bahwa jaman terus berubah. sehingga kewaspadaan ekstra di hari inilah yang akan membuat usaha maju selamanya"

kata-kata diatas mungkin bisa menjelaskan apa yang gue maksud di post kali ini.
terkadang kita bertanya apa kita sudah benar telah melakukan sesuatu. apa kita telah mengambil keputusan yang tepat.
gini kawan-kawan semua, disini gue gak minta kalian diam dengan suatu "kesalahan" yang ada di depan mata. namun bersikaplah bijaksana dalam menanggapi problematika jaman sekarang. sekarang semua sudah "gila", tergantung dari diri kita apa kita terhanyut dengan segala kegilaan itu.
mencoba besahabat dengan lingkungan "baru" atau yang biasa kita sapa dengan "ADAPTASI" memang mutlak kita harus dilakukan, kalau kita  mau nyaman di tempat itu. contoh gue yang seperti udah gue jabarkan diawal, dengan segala macam latbek gue yang gak banget, akhirnya mampu bersahabat dan enjoy menjalani profesi gue yang sekarang.
PRINSIP memang penting untuk menjadi alat ukur atau alat kendali kita, dan ADAPTASI mutlak diperlukan. namun semua itu perlu adanya KEBIJAKSANAAN.
bagi kawan semua, gue mau bilang disini kalau kita harus mampu merespons tuntutan jaman. jangan selalu terpaku dengan apa yang kita yakini, gue punya sedikit tips buat kalian:

  1. Peka dengan keadaan sekarang. 
  2. mau menerima saran orang lain
  3. perbanyak pergaulan dalam hal positif
  4. mau belajar dari siapapun
mungkin itu yang bisa gue share kali ini semoga kalian berkenan dengan tulisan ini. 
tetap semangat dalam menjalani hidup ini. jika kalian tau bahwa Tuhan tidak menciptakan kita dengan sia-sia. 

salam agung goblog


0 comments:

Post a Comment