Tuesday 3 March 2015

Nasi Goreng Magelangan, Kuliner pemikat hati

Salah satu kuliner yang mampu membuat kangen adalah ya itu tadi nasi goreng magelangan. jujur gue termasuk maniak nasi goreng. kalo perlu pengen gue perkumpulan nasi goreng lover. haha. dari sekian jenis banyak nasi goreng yang pernah mampir ke lidah gue, semisal nasi goreng seafood, nasi goreng tembakau di temanggung, nasi goreng hitam di daerah jakarta, dan beberapa koloni nasi goreng lagi. namun yang bikin tetep membekas di lidah yaa nasi goreng tercinta khas dari magelang.
rasa gurih yang di dapat dari kaldu ayam kampung, dan irisan daging ayam kampung sebagai campuran, sungguh menambah cita rasanya.
saat pulang kampung bulan desember lalu gue sempetin untuk mencari kuliner itu, sembari muter-muter menikmati daerah magelang yang sekarang udah tertata rapi dan bersih. dan gak tau sejak kapan magelang berubah slogan dari "Magelang Gemilang" menjadi "Magelang Kota Sejuta Bunga". entahlah, namun perubahan slogan itu juga di barengi dengan perubahan kota yang semakin baik.
sedikit mengamati saja, magelang merupakan kota yang menghormati para pejalan kakinya.


dengan dibangunnya trotoar yang cukup lebar dan bagus disana. hmm. romantik abis lah pokoknya. mirip kayak di film2 korea. haha.

Ok kembali ke kuliner tadi. akhirnya gue memutuskan makan nasi goreng di daerah badakan. badakan adalah semacam taman bermain di sana. yang memang disediakan untuk warga dan anak kecil bermain disana. tak hanya anak kecil namun pasangan muda mudi juga lumayan menjamur. haha. jadi NOT SAFE FOR JOMBLO. haha.

Badakan memang juga menyediakan FoodCourt dan yang menjadi menu andalan disana adalah BAKSO KERIKIL. penasaran? gue kasih picnya dulu. masalah rasa jangan di tanya, tetep MAAK NYUUUS.. haha.

masalah baso ini dibahas di post selanjutnya aja yaa.. haha. takut keburu ngiler sekarang. apalagi waktu gue nulis ni post pas hujan di luar. kan pas banget momentnya. haha.








lanjut gue pesan ke salah satu kedai. dan uniknya kalau lo pesan bilang "magelangan mas." penjualnya itu udah connect. haha.
di beberapa tempat yang menjual nasi goreng seperti di daerah jakarta, bekasi dan sekitarnya. pasti di kasih krupuk kan. di sini beda. tidak di sertakan pelengkap itu.
yang sangat membedkan dari kuliner ini adalah dimasaknya menggunakan tungku kayu atau biasa di sebut ANGKLO. ni gue kasih picnya.

ingredientnya atau komposisinya atau isinya atau yang ada di dalam atau (ahh kelamaan). ;)
isinya yang pernah gue icipi yaaa.
1. nasi (masaa siih?? nasi goreng ya pakai nasi lah. :))
2. Bakmi kuning (tapi disana ukurannya agak besar, bisa dibilang "spageti jawa")
3. Daging ayam kampung (ingat "kampung", bukan "kampus")
4. Telor. (bisa request ini mau telor ayam atau bebek. yang gak yang matic. haha)
5. Kol (disana biasa dibilang kobis)

itu sepertinya bahan utama dan umumnya untuk NASI GORENG MAGELANGAN.
sedangkan untuk lalapannya ini yang sedikit berbeda.
1. Bawang goreng (haha)
2. Kol (tapi disini biasa diris kasar.)
3. Daun seledri (agak banyak jadi sedap vroooh.)
4. Timun (gak pake "mas")
5. Tomat
6. Telor dadar (ini tergantung request)


itu pic gue berhubung gue suka lalapan jadi gue santap duluan. haha. dengan sedikit tambahan nakal dari telur puyuh. haha.

ingat kuliner ini sangat murah di beberapa tempat hanya Rp. 7000 hingga paling mahal Rp. 16000.
namun di badakan ini lo sekalian bisa kalian tebus dengan harga Rp. 8000 aja.

untuk nextnya mungkin akan gue post BAKSO KERIKIL.



0 comments:

Post a Comment