Monday 13 October 2014

Borobudur

sebuah desa namun tepatnya sebuah kecamatan, yang terletak di utara kota Jogja. Banyak yang bilang kalau Borobudur terletak dan masih dalam wilayah Provinsi kota Yogyakarta, itu SALAH.
Borobudur terletak dalam kawasan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. mungkin banyak orang mengira borobudur bagian dari Yogyakarta adalah karena letak Magelang dan Yogya itu lumayan dekat.
saya terlahir di kota magelang, di kota para Perwira TNI dilahirkan. besar dan tumbuh di lingkungan militer tidak banyak yang bisa saya bagi, karena kita tahu bagaimana dalam dunia Militer hanya ada kedisiplinan dan segala hal yang berhubungan dengan kekakuan. Namun ada sedikit cerita yang ingin saya bagi disini, tidak sedikit waktu kecil saya, saya habiskan di candi Borobudur. kebetulan ayah saya seorang tentara dan bertugas di koramil di dekat candi menjadikan saya juga tak asing dengan Candi yang pernah menjadi 7 keajaiban dunia tersebut.

setiap sore saat ayah berjaga malam, kami derdua menyempatkan berkeliling mengelilingi komplek candi, sekedar hanya melihat gajah di kandang. saya ingat begitu bahagianya saya setiap kali melihat para gajah dimandikan. pernah sesekali saya mendapat kesempatan untuk ikut memandikan gajah tersebut.
Gajah-gajah yang ada di sana sering dipakai untuk mengangkut para turis naik ke bukit Menoreh, yang disana terdapat Hotel mewah bernama Amanjiwo. mungkin tulisan saya ini terdengar seperti anak kecil yang sedang mengerjakan sebuah karangan, maaf saja karena saya tidak pandai menulis sesuatu.
kembali lagi ke dalam Borobudur, sebenarnya walau saya lama dan menghabiskan masa kecil saya disana, saya tidak begitu paham dengan seluk beluk secara detail mengenai candi tersebut. disana walau ada candi terbesar di Asia Tenggara dan merupakan candi Budha, namun warga sekitar lebih beragam dalam memeluk agama. Mayoritas penduduk disana memang agama Islam namun terdapat beberapa gereja besar seperti gereja St. peter yang berada sekitar 1km dari candi. keberagaman tersebut bukan penghalang untuk warganya hidup secara rukun.

 Follow my Instagram : @yusupagung

0 comments:

Post a Comment